Selasa, 05 Agustus 2008

ROAD SHOW TO BEIJING 2008
Beijing terpilih sebagai kota tuan rumah pada 13 Juli 2001, selama Sidang IOC ke-112 di Moskwa, mengalahkan Toronto, Paris, Istanbul dan Osaka yang sama-sama mengajukan pencalonan sebagai Host Olimpiade musim panas 2008.

Menjelang sidang, lima kota lain mengajukan penawaran kepada IOC tetapi gagal dalam membuat shortlist (dalam kasus ini, gagal dipilih / memenuhi kuota dari seluruh peserta Sidang IOC yang hadir) pada tahun 2000: Bangkok, Kairo, Havana, Kuala Lumpur dan Sevilla. Beijing sebelumnya mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2000 tetapi dikalahkan Sydney pada tahun 1993 pada penawaran final.

Tahun 2008 ini akan ada sebuah even besar 4 tahunan yaitu Olimpiade 2008 bertempat di Beijing, China mulai 8 - 24 Agustus 2008. Pesta olah raga terbesar dunia kali ini dikuti lebih dari 200 negara dengan mengangkat tema “One World One Dream”. Tampaknya cukup tepat tema yang diusung pada olimpiade kali ini, cukup dengan sebuah mimpi untuk setiap orang di dunia kita akan mendapatkannya lebih mudah ketimbang berjuta-juta mimpi yang didambakan tiap manusia yang ada di bumi.

Stadion (Stadium)
Sudah menjadi kebiasaan banyak tempat di dunia bahwa apabila ada kejadian besar yang akan berlangsung seperti olah raga apalagi sekelas olimpiade makan yang menjadi tuan rumah akan mempersiapkannya secara matang dan jauh-jauh hari. Beijing membangun stadion nasional baru di areal seluas 258 ribu meter persegi dengan daya tampung tempat duduk permanen sebanyak 80 ribu dan 11 ribu tempat duduk non-permanen. Berlokasi di Olympic Green. Namun hanya 2 cabang olah raga yang akan diperuntukkan pda stadion ini yaitu Atletik dan Sepak Bola. Dirancang oleh dua orang Swiss yaitu Herzog & DeMeuron serta tim dari China Architecture Design Institute. Stadion ini juga dikenal dengan sebutan stadion sarang burung atau bird’s nest.

Maskot
Maskot olimpiade kali ini diwujudkan sebagai 5 anak kecil yang lucu-lucu yang membentuk cincin atau lingkaran-lingkaran olimpiader yang menggambarkan persahabatan yang erat dari kelimanya dan disebut Fuwa. Kelimanya juga menggambarkan ciri-ciri dan warna yang khas olimpiade terhadap hewan paling populer di China, yaitu Ikan, Panda, Antelop TIbet, Burung Layang-Layang dan Api Olimpiade.

Fuwa Ikan warna biru bernama Beibei, Jingjing adalah Fuwa Panda berwarna hijau, Fuwa api olimpiade berwarna merah diberi nama Huanhuan, Antelope dari Tibet adalah fuwa yang diberi nama Yingying, dan yang terakhir adalah fuwa warna hijau namanya Nini.
Medali
Untuk pertama kalinya medali dibuat dari Jade atau “permata hijau lumut”. Desain medali merupakan inspirasi sejarah China kuno. Gambar ukiran ular naga menghiasi medali pada olimpiade kali ini. Nilai-nilai kebangsawanan dan kebaikan adalah perwujudan dari nilai-nilai China tradional dari etika dan penghormatan, memancarkan bangsa China dengan khas yang kuat. Pemenang satu mendapatkan medali emas dan pemenang kedua mendapat medali dengan perak murni.

Obor Api Olimpiade
Obor kali ini didesain sangat unik dan manis dan menggambarkan tradisi China yang sangat kuat. Konsep obor ini membawa tema pelaksanaan olimpiade yang berteman dengan lingkungan, penggunaan teknologi mutakhir dan kekuatan dari peserta olimpiade itu sendiri. Dengan tinggi 72 centimeter dan berat 980 gram terbuat dari aluminium. Dengan bentuk permukaan yang lengkung dan diproduksi dengan proses pengetsaan dan penyepuhan anodik yang mampu menyalakan api sekitar 20 menit dan menghasilkan tinggi api sekitar 25-30 cm.

by : http://en.beijing2008.cn/


Tidak ada komentar: